Komunitas Pers Intern Fakultas Teknik

Komunitas Pers Intern Fakultas Teknik (Kopi Teknik) lahir melalui gagasan bahwa mahasiswa sebagai agen perubahan masa depan harus mengikat ilmu dan pemikirannya ke dalam tulisan, baik berupa karya jurnalistik maupun non-jurnalistik seperti sajak atau cerita pendek. Karya tersebut ditampung pada sebuah media yang legal, agar dapat disebarluaskan ke sesama mahasiswa sebagai pemacu semangat untuk melakukan hal yang lebih baik. Pada tatanan yang lebih luas, hasil karya ide tersebut bisa dinikmati khalayak ramai. Mahasiswa FT UM, sebagai sedikit dari jutaan anak Indonesia yang diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi di sebuah universitas terkemuka harus memiliki media publikasi yang dapat mewadahi ‘hasil’ dari pendidikan yang diperoleh tersebut, baik secara intrakurikuler di kelas, bengkel, atau laboratorium; serta dari kegiatan ekstrakurikuler semacam UKM dan organisasi kemahasiswaan. Tentunya dengan penyajian yang enak dibaca dan selalu segar mengikuti perkembangan terkini kehidupan fakultas dan universitas.

Simpang siurnya sebuah informasi di kalangan sivitas FT, terutama tentang kegiatan-kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang sering terjadi di lingkungan FT UM, juga menjadi dasar mengapa diperlukan sebuah komunitas pers mahasiswa di fakultas ini. Kesimpangsiuran tersebut dikarenakan banyaknya sumber informasi sehingga filter yang ada pada masing-masing sivitas akademik menjadi tidak bisa membedakan mana informasi yang lurus mana yang hoax atau kebohongan semata. Pengurus BEM FT nampaknya merespon keresahan tersebut dengan menggagas sebuah komunitas jurnalistik yang satu untuk seluruh jurusan yang ada di FT, agar berita yang beredar bisa tercipta dari satu sumber yang valid dan terverifikasi.

Kopi Teknik memiliki sebuah produk jurnalistik yang diberi nama buletin Kompeten. Pemilihan nama Kompeten yang tidak lepas dari ide filosofis Arvendo Mahardika (S-1 PTI), dimaksudkan untuk mewadahi semangat mahasiswa Fakultas Teknik yang selalu bertekad menjadi pendidik profesional (mewakili prodi kependidikan) serta menjadi profesional yang terdidik (menggambarkan prodi keilmuan murni).

Edisi perdana Buletin Kompeten yang dipublikasikan secara daring pada situs resmi BEM FT UM, http://bem.ft.um.ac.id. Ke depan, Kopi Teknik akan senantiasa menerbitkan Kompeten secara berkala (bulanan), baik melalui media daring maupun media luring. Keduanya dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh sivitas akademik UM, khususnya warga FT.

Di usianya yang masih belum genap setahun, kepengurusan perdana Kopi Teknik yang digawangi oleh Nur Sita Yunia R., Ahmad Padhlillah, Roni Setiawan, Hidayah Karima Fitri, serta awak redaksi yang berjumlah enam orang diharap dapat menjadi pelopor dan pembaharu semangat mahasiswa FT UM dalam bidang jurnalistik.

Narasi: Arvendo Mahardika